Komitmen Lestarikan Penyu, Daihatsu Raih Penghargaan Lingkungan

1 min read


Seremoni peresmian Pusat Konservasi Penyu oleh perwakilan pemerintah, manajemen Daihatsu, dan Astra International di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

DAPURPACU – Komitmen PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk terus berupaya melestarikan penyu dalam wadah program Penyu Untuk Indonesia berbuah penghargaan dari PT Astra International Tbk.

Pada Astra Corporate Affairs Awards 2020, Daihatsu meraih penghargaan pada kategori AFC (Astra Friendly Company), dalam sub kategori Conservation and Biodiversity.

Dalam ajang tersebut merupakan penghargaan di bidang EHS (Environment, Health, & Safety), CSR (Corporate Social Responsibility), Security, dan Corporate Communication.

“Bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Daihatsu terus berkomitmen menjaga dan melestarikan salah satu warisan dunia dan ikon keanekaragaman hayati Indonesia ini,” ujar Yoga D. Suryawan, kapala Divisi General Affairs ADM.

Piagam Penghargaan Konservasi & Biodiversitas Astra Corporate Affairs Award 2021.

Seperti diketahui, keseriusan Daihatsu dalam mendukung pelestarian penyu di Indonesia telah dimulai sejak 2011. Selama sepuluh tahun, Daihatsu sudah merangkul enam konservasi penyu di berbagai wilayah Indonesia.

Keenam tempat konservasi itu yakni Perancak, Bali; Batu Hiu, Pangandaran; Pasir Jambak, Padang; Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu; Pantai Binasi, Tapanuli Utara; dan Alun Utara di Bengkulu.

Secara konsisten, Daihatsu terus memberikan dukungan bagi konservasi-konservasi penyu mitra Daihatsu melalui pembangunan fasilitas dan dukungan usaha bagi masyarakat setempat.

Dengan adanya konservasi tersebut, selain mendukung pelestarian penyu di Indonesia, juga menjadi tempat wisata dan edukasi bagi pengunjung yang datang.

“Saya sangat senang ada konservasi penyu di Pasir Jambak. Setiap hari libur bisa ajak keluarga main ke pantai, dan ikut melepas penyu saat ada yang menetas,” ucap Linda, salah satu pengunjung di penangkaran Penyu.

Menurut wanita berusia 53 tahun ini berdomisili di Padang, hal yang paling menarik adalah cerita perjuangan mendirikan konservasi penyu itu. Dirinya pun peduli akan pelestarian hewan langka itu di kotanya.

“Saya salut, Daihatsu ikut membantu pelestarian penyu di Kota Padang, semoga terus menerus memberikan perhatian untuk konservasi penyu,” tambahnya.

Untuk tetap menjaga awareness masyarakat, khususnya di masa pandemi ini, Daihatsu secara aktif terus mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat dan memahami pentingnya pelestarian penyu di Indonesia menggunakan wadah digital.

Berbagai informasi disampaikan melalui Instagram @daihatsuind, mulai dari pengetahuan tentang penyu dan kehidupannya, dan memperkenalkan konservasi penyu mitra Daihatsu serta aktivitas dan fasilitas yang ada di dalamnya. [dp/MTH]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *