Motor Listrik BL-SEV 01 Lakukan Pengujian Perdana di Sirkuit Sentul

1 min read


DAPURPACU – Universitas Budi Luhur (UBL) melakukan pengujian untuk motor purwarupa bermesin listrik ‘murni’ terbaru mereka, yakni Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Pengetesan perdana akan performa motor listrik BLDC 96 volt itu dilaksanakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2) lalu.

Tidak hanya performa, dibesut oleh alumni UBL sendiri yaitu Galih Aji Prakoso, juga untuk menguji dan mengetahui sejauh mana kinerja handling BL-SEV01 kala ‘menemui’ permukaan aspal.

Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.

“Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pebalap profesional sebagai tester rider,” kata Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL, Sujono.

Sujono dalam siaran resminya berharap Galih bisa memberikan masukan yang berarti akan performa dan handling-nya, demi pengembangan hasil karya Universitas Budi Luhur.

“Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” tambahnya.

Sebagai informasi, dengan konfigurasi motor listrik itu, tenaga yang dilontarkan mencapai 16 kW atau setara 21 hp, dengan dukungan baterai 48 Ah dan controller 200 ampere.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Untuk pengecasan baterai dibutuhkan waktu sekitar 4 jam agar terisi penuh kembali. Pengembangan mekanis dari BL-SEV01 dilakukan sepenuh oleh Universitas Budi Luhur.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro pun menyaksikan langsung pengujian perdana itu. Dia mengaku senang dengan uji coba yang dilakukan oleh civitas UBL dalam pengembangan teknologi sepeda motor listrik di Indonesia.

Dia pun berjanji akan terus memberikan dukungan dan memberikan ruang kepada seluruh civitas Universitas Budi Luhur dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap,” imbuhnya.

Di sisi lain, Rektor UBL, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M mengaku bangga dengan dengan hasil pengujian itu. Menurutnya ini menjadi langkah nyata bagi dunia pendidikan Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Saya mendukung penuh motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal, serta untuk penelitian dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur,” pungkasnya. [dp/MTH]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *