Bidik Surabaya dan Medan, Shell Cari Mitra Bisnis SPBU

1 min read


DAPURPACU – Upaya Shell Indonesia untuk berekspansi di seluruh daerah di Indonesia tentunya harus didukung sejumlah pihak, dimana dalam hal ini mitra bisnis yang ingin membangun SPBU di areanya.

Untuk itu, Shell Indonesia membidik wilayah Surabaya dan Medan, Sumatera Utara, sebagai lokasi baru dalam rangka memperluas jaringan SPBU nya di Tanah Air.

Disebutkan, dalam kemitraan itu, calon pengelola bisnis SPBU cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp500 juta, yang dikemas dalam program Company Owned Dealer Operated (CODO).

Dalam siaran resminya, Rabu (17/2), mitra dapat mengoperasikan sampai dengan tiga SPBU Shell dengan investasi yang terjangkau dan estimasi jangka waktu pengembalian modal yang kompetitif.

Dengan investasi itu, pengelola tidak perlu memiliki modal tanah, bangunan, dan peralatan, di mana Shell akan meminjamkan aset berupa SPBU yang sudah dibangun dan siap dikelola oleh para mitranya.

Kelengkapan infrastruktur ini juga mencakup bisnis penunjang di SPBU yang akan dijalankan juga oleh mitra seperti convenience store, kedai kopi, dan bengkel.

Sebagai informasi, program kemitraan ini sudah berjalan selama 15 tahun di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur, dengan jumlah mencapai 45 mitra yang mengelola 121 SPBU di area itu.

Salah satu mitra Shell yaitu Bernardus Bayuardi menceritakan awal mula bergabung menjadi mitra yang menjalankan SPBU Shell 15 tahun yang lalu.

“Awalnya, saya pikir memulai bisnis SPBU perlu modal yang besar. Ternyata Shell punya model bisnis yang memungkinkan saya untuk jadi pengusaha SPBU dengan modal awal Rp500 juta,” ujarnya.

“Saya langsung tertarik karena saya melihat potensi bisnis jangka panjang lewat kemitraan SPBU Shell ini. Saat ini, saya mengelola tiga SPBU di Jakarta,” imbuhnya.

Shell mengklaim bisnis SPBU mengalami peningkatan cukup signifikan jika dibandingkan dengan awal pandemi, karena tetap menjadi kebutuhan pokok masyarakat untuk beraktivitas.

Hal itu diperkuat riset McKinsey pada September 2020 bahwa 70% masyarakat Indonesia khawatir, sementara 26% lainnya agak khawatir menggunakan transportasi umum.

Oleh karena itu masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi atau mampu untuk membeli kendaraan pribadi memilih beralih dari transportasi umum.

Sari Rachmi, Retail Business Optimization Manager Shell Indonesia menuturkan, program Shell yang memberikan peluang bagi mitra untuk menjalankan bisnis SPBU merupakan win-win solution, sekaligus sebagai upaya mengembangkan jangkauannya.

“Karena kami bisa bermitra dengan pengusaha terbaik di daerah masing-masing dan sebaliknya mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengusaha bisnis SPBU,” tutup Sari.

Bagi Anda yang tertarik, persyaratannya adalah warga negara Indonesia berusia 30-50 tahun dan memiliki modal awal Rp500 juta, serta siap untuk mengelola SPBU di area Surabaya dan Medan. [dp/MTH]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *