Tips Hindari Potensi Bahaya Saat Berkendara di Musim Hujan

1 min read


DAPURPACU – Curah hujan yang mengguyur belakangan ini menuntut pemilik kendaraan khususnya sepeda motor untuk lebih waspada lagi. Jarak pandang yang makin terbatas menjadi kendala paling utama.

Terlebih bila Anda ‘nekat’ untuk tetap berkendara di kala hujan semakin deras. Lebih berhati-hati menjadi langkah yang tepat untuk mengantisipasinya.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan, faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan.

“Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya yang bakal datang,” sebut Antonius, dalam siaran resminya.

Berikut merupakan tips ringan dari Yamaha Riding Academy yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan.

1. Jaga jarak aman
Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakaan. Dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang.

2. Selalu Waspada
Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

3. Mengatur Penggunaan Rem
Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman. Atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Gunakan Safety Gear Yang Tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)
– Jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), bukan ponco
– Helm dengan visor bening
– Gunakan sepatu anti air / karet
– Gunakan sarung tangan

5. Terjaga Motornya, Aman Orangnya
Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut :
– Kondisi rem yang pakem.
– Kembangan ban yang bagus/ tidak gundul.
– Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.
– Electrical / lampu berfungsi baik.
– Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.
– Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima. [dp/MTH]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *