Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Ngincar Honda Jazz Ge8 Matic Seken


Meski Pabrikan Honda di Tanah Air sudah menyuntik mati Honda Jazz dengan dirilisnya Honda City Hatchback RS, tapi Anda tak perlu khawatir jika berniat menebus Jazz seken.

Sebab, spare part maupun aksesori hatchback andalan Honda yang khas dengan anak muda ini, masih cukup banyak di pasaran.

Nah, untuk sobat yang punya budget antara Rp 120 – 170 juta, generasi kedua Honda Jazz berkode GE8 yang dirilis sejak 2007-2014 ini masih layak untuk dilirik.

Syukur-syukur dapatnya yang mulus dan tidak banyak ‘PR’, alias tak perlu perbaikan di sana-sini.

Nah, bila Anda naksir dengan varian bertransmisi otomatis, ada baiknya periksa dulu baik-baik kinerja transmisi otomatis dari unit yang hendak ditebus.

Sebab, ada salah satu penyakit yang bisa membuat Anda tak nyaman saat mengendarainya.

Yaitu laju mobil terasa tersendat atau kedut-kedutan saat dijalankan.

Kendala ini kerap dikeluhkan pemilik Honda Jazz generasi kedua ini, lantaran kesalahan dalam perawatan transmisi otomatisnya.

Penyebabnya disinyalir ada pada dua komponen di transmisi otomatis Honda Jazz GE8 ini.

Pertama, yakni body valve control. Dimana komponen ini bisa tikda bekerja optimal, lantaran oli transmisi kotor alkibat pemilik malas atau telat mengganti oli.

“Solusinya bisa ganti atau dibersihkan saja,” terang Gito, Service Advisor Honda Kalimalang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Tapi bila setelah dibersihkan kendala tersendat masih saja terjadi, bisa jadi kumparan atau solenoid di dalamnya bermasalah.

Jika masalahnya demikian, tidak bisa diperbaiki alias harus ganti baru, karena komponen paten alias tidak bisa dibongkar.

Harga komponen ini cukup menguras isi dompet loh, di kisaran Rp 4 jutaan. Belum lagi biaya bongkar pasangnya.

Nah, bila ingin berhemat, coba hunting versi rekondisi seperti yang ditawarkan beberapa bengkel matik, dengan kisaran harga Rp 1 jutaan.

Komponen kedua pada transmisi Jazz GE8 yang juga rentan bermasalah adalah fly wheel.

Di luar laju mobil yang tersendat, permasalahan ini dapat dideteksi ketika adanya bunyi mendesing dari bagian mesin.

Jika sudah bermasalah, Anda bisa mencari komponen tersebut dengan kisaran harga Rp 1,7 juta – 1,9 jutaan untuk orisinal, dan Rp 1 jutaan untuk rekondisi.

sumber :otomotifnet.com

Tinggalkan komentar