Toyota Raize-Daihatsu Rocky Resmi Diperkenalkan di Tanah Air


DAPURPACU – Akhirnya, Toyota dan Daihatsu resmi memperkenalkan produk kolaborasi kelimanya di Indonesia, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Rabu (28/4). Seperti produk kolaborasi lainnya, Raize dan Rocky juga akan diproduksi di pabrik Daihatsu.

Untuk peluncuran resmi keduanya pun telah terkonfirmasi bakal dilaksanakan pada Jumat (30/4) nanti, di mana Daihatsu Rocky bakal dirilis terlebih dulu baru kemudian menyusul Toyota Raize.

Dengan tajuk peluncuran perdana di Indonesia ‘Kolaborasi Toyota dan Daihatsu: Sinergi untuk Negeri’, kedua produk ini kelak didapuk menjadi produk perkuat posisi Indonesia di pasar Global.

President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira mengatakan, kerja sama yang sudah terjalin selama hampir dua dasawarsa ini telah menjadikan produk-produk kolaborasi itu menjadi pilihan utama konsumen di Tanah Air maupun mancanegara.

“Daihatsu bekerjasama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan,” jelas Okudaira.

“Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami, oleh karena itu kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya via YouTube Toyota Indonesia dan Daihatsu Indonesia.

Di sisi lain, Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer Asia Region Toyota Motor Corporation, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Daihatsu dengan memaksimalkan kekuatan dari dua perusahaan itu.

“Dengan berinvestasi di teknologi canggih dan mempromosikan komponen lokal, perusahaan akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia mengembangkan industri otomotif,” ucap dia.

Kesuksesan proyek kolaborasi antara keduanya didasari atas sumbangsih PT Astra International yang membawahi kedua pabrikan asal Jepang itu di Indonesia.

Hadirnya Raize dan Rocky kian memperpanjang daftar produk yang dirakit secara lokal oleh Toyota dan Daihatsu, di mana komponen lokal yang digunakan sudah mencapai 95 persen.

Tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan domestik, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia hingga saat ini, dengan kontribusi lebih dari 60%. [dp/MTH]



Tinggalkan komentar